Mengenal Bank Syariah Mandiri, Profil, Produk dan 4 Kelebihannya

-

Sebagai salah satu bank BUMN besar dan ternama di Indonesia, Bank Mandiri juga memiliki anak perusahaan di bidang syariah yang bergerak dibidang perbankan syariah, yiatu Bank Syariah Mandiri.

Bank Syariah Mandiri merupakan salah satu bank syariah terbesar di Indonesia yang banyak di kenal oleh masyarakat Indonesia.

Sahabat Syariah tentu sudah mengenal sekilas bank syariah yang satu ini.

Pada artikel kali ini, kami ingin mengulas profil lengkap dari Bank Syariah Mandiri.

Mengenal Bank Syariah Mandiri

Bank Syariah Mandiri atau yang bisa dikenal dengan singkatan BSM didirikan pasca krisis ekonomi dan moneter pada tahun 1997-1998.

Pada masa krisis tersebut, sektor perbankan sangat tertekan. Berdasarkan sejarah, BSM merupakan gabungan dari dua bank, yaitu PT Bank Susila Bakti (BSB) yang dimiliki oleh Yayasan Kesejahteraan Pegawai (YKP) PT Bank Dagang Negara dan PT Mahkota Prestasi, dimana kedua bank tersebut terkena dampak krisis.

Nama perusahaanPT Bank Syariah Mandiri 
Didirikan1 November 1999
Kode Sahamn/a
Kode Bank451
Kode SwiftBSMDIDJA
Alamat Kantor PusatWisma Mandiri I Jl. MH. Thamrin No. 5
Jakarta 10340 – Indonesia
No. Telpon / CS14040
Jumlah kantor cabang737 kantor cabang seluruh Indonesia*
Jumlah mesin ATM196.000 jaringan ATM seluruh Indonesia*
Situs resmihttps://www.mandirisyariah.co.id/
Sosial MediaFacebook
Twitter
Instagram
Youtube
*Data Per Desember 2017

Pada tahun yang sama pula, PT Bank Mandiri (Persero) terbentuk dari marger 4 bank. Kebijakan penggabungan tersebut juga menempatkan dan menetapkan PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. sebagai pemilik mayoritas baru BSB.

Sebagai tindak lanjut dari keputusan merger, Bank Mandiri melakukan konsolidasi serta membentuk Tim Pengembangan Perbankan Syariah.

Pembentukan tim ini bertujuan untuk mengembangkan layanan perbankan syariah di kelompok perusahaan Bank Mandiri, sebagai respon atas diberlakukannya UU No. 10 tahun 1998, yang memberi peluang bank umum untuk melayani transaksi syariah (dual banking system).

Tim Pengembangan Perbankan Syariah memandang bahwa pemberlakuan UU tersebut merupakan momentum yang tepat untuk melakukan konversi PT Bank Susila Bakti dari bank konvensional menjadi bank syariah.

PT Bank Syariah Mandiri tercantum dalam Akta Notaris: Sutjipto, SH, No. 23 tanggal 8 September 1999, BSB berubah dari bank konvensional menjadi bank yang beroperasi berdasarkan prinsip syariah. Perubahan kegiatan usaha BSB menjadi bank umum syariah dikukuhkan oleh Gubernur Bank Indonesia melalui SK Gubernur BI No. 1/24/ KEP.BI/1999, 25 Oktober 1999. 

PT Bank Syariah Mandiri hadir, tampil dan tumbuh sebagai bank yang mampu memadukan idealisme usaha dengan nilai-nilai rohani, yang melandasi kegiatan operasionalnya.

Harmoni antara idealisme usaha dan nilai-nilai rohani inilah yang menjadi salah satu keunggulan Bank Syariah Mandiri dalam kiprahnya di perbankan Indonesia. BSM hadir untuk bersama membangun Indonesia menuju Indonesia yang lebih baik.

Kini, BSM telah menjadi banyak yang tumbuh dengan konsisten dan eksis di Indonesia.

Produk syariah untuk konsumen dan bisnis

Dalam menjalankan roda bisnis perbankan syariah, Bank Syariah Mandiri memiliki berbagai produk perbankan syariah untuk kebutuhan konsumen pribadi maupun bisnis. Mulai dari tabungan simpanan hingga produk pinjaman berbasis syariah.

Produk perbankan untuk konsumen dari Bank Syariah Mandiri

Tabungan simpanan

BSM memiliki beberapa tabungan simpanan yang cocok untuk digunakan sehari-hari, diantaranya adalah:

Dari 8 tabungan syariah yang dimiliki BSM, tabungan umum yang biasa dimiliki nasabah adalah tabungan mudharabah.

Tabungan mudharabah adalah tabungan syariah yang menerapkan akad mudharabah muthlaqah, dengan bagi hasil yang kompetitif, serta dilengkapi dengan fasilitas e-Banking, yaitu Mandiri Syariah Mobile & Net Banking.

Jika Sahabat InSya mencari tabungan yang GRATIS biaya bulanan, maka bisa membuka tabungan wadiah atau tabunganku.

Tabungan haji dan umrah

Untuk mewujudkan keinginan naik haji, BSM juga memiliki tabungan haji yang bernama, Tabungan Mabrur. Hadir untuk perorangan dewasa dan perorangan anak-anak dengan minimal usia 12 tahun.

Manfaat dari tabungan haji BSM adalah gratis biaya bulanan dan mendapatkan fasilitas notifikasi saat saldo cukup untuk didaftarkan porsi haji, online dengan Siskohat Kementerian Agama.

Deposito syariah

Selain tabungan simpanan, BSM juga menggarap produk deposito syariah atau biasa disebut tabungan berjangka yang memberikan bagi hasil kompetitif.

Bank Syariah Mandiri menyediakan deposito dengan mata uang rupiah dan dollar dengan prinsip Mudharabah Muthlaqah. Selain itu juga dilengkapi dengan fasilitas Automatic Roll Over (ARO) yang membuat dana bisa di deposito kembali secara otomatis juga jatuh tempo sudah tiba.

Investasi

Menabung sambil mencari keuntungan juga bisa dilakukan bersama BSM dengan berbagai produk investasi, yaitu:

Mandiri Syariah Priority

BSM juga memiliki program Mandiri Syariah Priority untuk nasabah istimewa.

Dengan Priority Banking Officer yang didedikasikan untuk membantu pengelolaan kebutuhan perbankan nasabah dan memberikan solusi yang tepat untuk perencanaan keuangan secara menyeluruh.

Mandiri Syariah Debit

Untuk kartu dabit pegangan nababah, Bank Syariah Mandiri memberikan 2 opsi, yaitu kartu berlogo GPN dan kartu berlogo VISA yang bisa digunakan di atm mandiri terdekat.

Mandiri Syariah Debit Standar Nasional (GPN) adalah Produk kartu berteknologi chip yang diterbitkan oleh Bank Syariah Mandiri dan terhubung dengan jaringan domestik serta memiliki fungsi utama sebagai kartu ATM dan kartu Debit yang dapat digunakan di seluruh mesin ATM / EDC domestik.

Tampilan

Fitur

  1. Dapat bertransaksi di semua mesin ATM bank lain.
  2. Transaksi belanja di semua mesin EDC bank lain.
  3. Sebagai kartu discount pada merchant yang bekerjasama dengan BSM.

Limit

Jenis Kartu

Limit transaksi

Tarik tunai *

Transfer antar rekening mandiri syariah

Transfer online*

Belanja

Payment

Biaya Admin

Silver

5 Juta

25 Juta

10 Juta

25 Juta

25 Juta

Gratis

Gold

10 Juta

50 Juta

20 Juta

50 Juta

50 Juta

1000

Platinum

15 Juta

100 Juta

50 Juta

100 Juta

sesuai saldo

2000

* Limit transaksi harian per rekening, apabila Nasabah memiliki dua kartu dalam satu rekening, maka limit yang berlaku adalah limit tertinggi

Syarat dan Tata Cara Pengajuan

  1. Memiliki rekening tabungan BSM atau giro perorangan.
  2. Diperuntukkan bagi calon Nasabah baru atau Nasabah lama namun belum memiliki Mandiri Syariah Debit GPN.
  3. Nasabah datang langsung ke Customer Service cabang terdekat untuk mengisi formulir aplikasi permintaan Kartu Debit Mandiri Syariah.

Mandiri Syariah Debit Visa adalah Produk kartu berteknologi chip yang diterbitkan oleh Bank Syariah Mandiri bekerjasama dengan jaringan Visa International yang memiliki fungsi utama sebagai kartu ATM dan kartu Debit serta dapat digunakan di seluruh mesin ATM / EDC domestik dan internasional.

Jenis Kartu Mandiri Syariah Debit VISA

  

    

  1. Silver Debit adalah produk kartu debit BSM dengan logo VISA beserta Chip pada tampak depan kartu dan diperuntukkan bagi nasabah umum dengan masa berlaku kartu 5 tahun.
  2. Gold Debit adalah produk kartu debit BSM dengan logo VISA beserta Chip pada tampak depan kartu dan diperuntukkan bagi nasabah umum yang menginginkan limit transaksi yang lebih tinggi dengan masa berlaku kartu 5 tahun.
  3. Priority Debit adalah produk kartu debit BSM dengan logo VISA beserta Chip pada tampak depan kartu dan diperuntukan untuk nasabah priority dengan masa berlaku kartu 3 tahun*.
  4. Syarat & Ketentuan Berlaku

Fitur

  1. Dapat digunakan di seluruh jaringan ATM Bersama, Prima (domestik), Visa (di luar negeri).
  2. Dapat digunakan sebagai kartu belanja di seluruh jaringan EDC Bersama, Prima (domestik), Visa (di luar negeri).
  3. Sebagai kartu discount pada merchant yang bekerjasama dengan VISA.

Limit

Jenis Kartu

Limit transaksi

Tarik tunai

Transfer antar rekening Mandiri Syariah

Transfer online

Belanja

Payment

Biaya Admin

Silver Debit

5 Juta

25 Juta

10 Juta

25 Juta

25 Juta

1000

Gold Debit

10 Juta

50 Juta

20 Juta

50 Juta

50 Juta

2000

Platinum

15 Juta

100 Juta

50 Juta

100 Juta

Sesuai saldo

3000

Priority

15 Juta

100 Juta

50 Juta

200 Juta

Sesuai saldo

Gratis

* Limit transaksi harian per rekening, apabila Nasabah memiliki dua kartu dalam satu rekening, maka limit yang berlaku adalah limit tertinggi

Syarat dan Tata Cara Pengajuan

  1. Memiliki rekening tabungan BSM atau giro perorangan.
  2. Diperuntukkan bagi calon Nasabah baru atau Nasabah lama namun belum memiliki Mandiri Syariah Debit VISA.
  3. Nasabah datang langsung ke Customer Service cabang terdekat untuk mengisi formulir aplikasi permintaan Kartu Debit Mandiri Syariah.

Platform digital Bank Syairah Mandiri

Demi menunjang produktivitas nasabah dalam melakukan transaksi perbankan secara digital, BSM memiliki 2 platform unggulan, yaitu Mandiri Syariah Mobile dan Layanan transaksi perbankan melalui jaringan internet dengan alamat “https://bsmnet.syariahmandiri.co.id”.

Mandiri Syariah Mobile

Mandiri Syariah Mobile merupakan layanan melalui saluran distribusi elektronik Bank untuk mengakses rekening yang dimiliki nasabah di Bank melalui jaringan komunikasi dengan sarana telepon seluler atau komputer tablet.

Jenis Layanan Mandiri Syariah Mobile

  1. Informasi rekening, portofolio, saldo e-Money dan kurs.  
  2. Transaksi transfer (antar rekening BSM dan antar bank secara online dan SKN/kliring).
  3. Transaksi pembayaran (Tagihan PLN, Telepon/HP, Institusi Pendidikan, Tiket, Asuransi, Belanja Online, Internet/TV Cable dan Zakat/Infaq/Wakaf).
  4. Transaksi pembelian (Voucher HP, Token PLN, Top up dan Update saldo e-money, paket data).
  5. Pembayaran dengan QR Pay.  
  6. Pembukaan Rekening Tabungan Mabrur.
  7. Fitur Islami (Jadwal Sholat, Lokasi Masjid, arah Kiblat dan Hikmah)
  8. Lokasi kantor cabang dan ATM BSM/Mandiri terdekat.
  9. Bagikan bukti transaksi ke media sosial.
  10. Simpan transaksi menjadi menu favorit
  11. Pengaturan akun Mobile Banking: Perubahan PIN/Bahasa, menu favorit. (Transaksi juga dapat dilakukan langsung dari menu favorit) dan Pendaftaran Alamat Email Notifikasi Transaksi.

Syarat pembukaan Mandiri Syariah Mobile

  1. Memiliki rekening tabungan atau giro perorangan.
  2. Mengisi formulir permohonan Mandiri Syariah Mobile melalui cabang terdekat.

Download Mandiri Syariah Mobile

Aplikasi Mandiri Syariah Mobile dapat didownload melalui Google Play Store dan App Store dengan keyword ‘Mandiri Syariah Mobile’. Pastikan aplikasi Mandiri Syariah Mobile offered by/publisher/by PT Bank Syariah Mandiri.        

Aktivasi Mandiri Syariah Mobile

Pilih menu Aktivasi pada Mandiri Syariah Mobile.

  1. Setelah membaca “Syarat & Ketentuan”, pilih “Setuju”,
  2. Masukkan “No HP yang sudah terdaftar layanan Mandiri Syariah dan kode aktivasi yang diterima melalui SMS pada saat pendaftaran di kantor cabang.
  3. Kemudian akan muncul permintaan pembuatan PIN baru Mandiri Syariah Mobile.
  4. Aktivasi Mandiri Syariah Mobile telah selesai.

Limit Transaksi Mandiri Syariah Mobile

Untuk mengakomodir kebutuhan nasabah Mandiri Syariah memberlakukan limit transaksi yang kompetitif dalam setiap produk dan layanannya. Temukan limit transaksi Mandiri Syariah Mobile di bawah ini.

No

Jenis Limit

Regular

Priority

Per Transaksi

Per Hari

Per Transaksi

Per Hari

1

  Overbook

  Rp50 Juta

Rp100 Juta

  Rp100 Juta

 Rp100 Juta

2

  Transfer Online

  Rp25 Juta

Rp50 Juta

  Rp50 Juta

 Rp100 Juta

4

  Payment

  Rp25 Juta

Rp50 Juta

  Rp50 Juta

 Rp100 Juta

5

  Purchase

  Rp5 Juta

Rp10 Juta

  Rp10 Juta

 Rp20 Juta

*Limit berlaku per nasabah.

Keunggulan Bank Syariah Mandiri

Jika disebut keunggulan, tentu BSM memiliki banyak hal, diantaranya:

  1. Menggunakan akad syariah untuk transaksi perbankan
  2. Kemudahan Penyaluran Zakat, Infaq, dan Sedekah
  3. Memiliki Aplikasi mobile banking yang kaya fitur
  4. Banyak pilihan tabungan dan jenis produk investasi

Tanya jawaba seputar Bank Syariah Mandiri

Kapan Bank Syariah Mandiri didirikan?

Bank Syariah Mandiri didirikan pada 1 November 1999

Apakah Bank Syariah Mandiri punya tabungan bebas biaya bulanan?

Iya. Tabungan Wadiah dan Tabunganku tidak dikenakan biaya bulanan administrasi dan biaya bulanan kartu ATM.

Apakah Bank Syariah Mandiri menyediakan pembukaan rekening online?

Iya. Pendaftaran rekening tabungan baru bisa dilakukan di aplikasi Mandiri Syariah Mobile.

Kartu debit ATM jenis apa saja yang diterbitkan Bank Syariah Mandiri?

Bank Syariah Mandiri menerbitkan 2 jenis kartu ATM, yaitu GPN dan VISA.

Demikilah ulasan Bank Syariah Mandiri dari kami, semoga membantu Sahabat InSya untuk menemukan produk perbankan syariah terbaik untuk kebutuhan sehari-hari.

Jika Sahabat InSya punya pertanyaan atau ingin berbagi pengalaman menggunakan produk BSM, bisa memberikan komentar dibawah ini.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Latest news

Mengenal Saham syariah, Landasan Hukum DSN-MUI dan Keunggulannya

Mengenal saham syariah indonesiaTentunya banyak diantara Sahabat Syariah yang sudah pernah mendengar tentang...

Daftar Saham Syariah Terbaru 2020

Secara reguler, Bursa Efek Indonesia memperbarui data daftar saham syariah yang di dapat di index ISSI, sebagai...

Mengenal Bank Syariah Mandiri, Profil, Produk dan 4 Kelebihannya

Sebagai salah satu bank BUMN besar dan ternama di Indonesia, Bank Mandiri juga memiliki anak perusahaan di...

Arab Saudi Kenakan Pajak Baru, Ongkos Umroh Naik Rp 2 Jutaan

Baru-baru ini pemerintah Arab Saudi telah memberlakukan kebijakan pajak terhadap semua jamaah umrah dan haji. Hal ini tentunya berpengaruh...

Must read

- Advertisement -

Mungkin kamu juga sukaRELATED
Recommended to you